Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Monitor Frameless, Ternyata Bukan Sekedar Good Looking Doang

Multi Montior Frameless

Bekerja dengan komputer pastinya sangat membutuhkan pengelihatan yang nyaman ketika menatap layar monitor. Monitor yang nyaman, akan membuat kita menjadi lebih fokus dan mendapatkan hasil yang maksimal dalam setiap tugas yang kita kerjakan.

Perkembangan gaya desain monitor pada komputer terbilang sangat pesat, terbukti dengan semakin terbentuknya trend monitor dengan desain minimalis tanpa meninggalkan fitur-fitur penting. Bahkan selain mengalami improvisasi dalam segi tampilan, monitor juga mengalami improvisasi dalam segi spesifikasi. Tentu saja ini sangat membantu kinerja kita sebagai pengguna komputer agar bisa lebih produktif lagi.

Bezel atau frame yang sangat tipis saat ini menjadi style baru dalam pasar monitor komputer, entah itu untuk keperluan kantor ataupun keperluan gaming. Jika kita melihat lebih dalam lagi, bezel yang tipis sebenarnya bukan hanya sekedar mengejar gaya penampilan saja, melainkan juga memiliki fungsi yang sangat banyak.

Mata Lebih Mudah Fokus

Model monitor frameless bukan berarti mengeliminasi keberadaan bezel pada monitor tersebut, melainkan masih ada bezel yang sangat tipis yang membalut bagian tepi layar. Lebarnya layar akan membantu mata kita untuk bisa lebih fokus terhadap konten yang ditampilkan pada monitor. Dengan begitu hampir seluruh bagian screen akan memiliki fungsi yang lebih maksimal apabila dibandingkan dengan monitor dengan frame yang tebal. 

Kebanyakan monitor frameless yang beredar di pasaran hanya memiliki bezel tipis pada tiga sisi saja, seperti yang saya gunakan sekarang ini yaitu Monitor HP 24MH. Frame bagian atas, kanan dan kiri monitor akan lebih tipis dibandingkan dengan bawah. Namun ada beberapa monitor profesional yang memiliki desain frameless untuk ke empat sisi monitor, yaitu atas, bawa, kanan dan kiri. 

Monitor frameless tiga sisi, biasanya masih menyematkan logo dan tombol pengaturan pada bagian bawah monitor. Sedangkan monitor frameless empat sisi, benar-benar menghilangkan logo, tulisan dan bahkan tombol untuk melakukan pengaturan. 

Tidak adanya bezel di tepi monitor membuat mata akan lebih interaktif ketika menggunakan PC. Dan bahkan dalam beberapa kejadian, kita akan merasakan bahwa gambar yang kita lihat pada monitor komputer sedang melayang di udara, karena memang tidak ada tepi yang membatasi.

Setup Multi Monitor

Siapa yang tidak kenal dengan setup multi monitor? Mulai dari dua monitor, empat monitor, delapan monitor dan seterusnya. Menggabungkan monitor satu dan yang lainnya akan sangat sempurna apabila tidak ada bezel yang memotong pandangan kita secara menyeluruh. Sebagai contoh bezel pada monitor Viewsonic VP2468 yang hanya setebal 1,9mm. Apabila kita menggunakan dua monitor tersebut untuk digabungkan, makan bezel yang memotong adalah hanya 3,8 mm saja

Desain monitor frameless akan sangat mengesankan ketika melakukan setup multi monitor 2x2 yang akan dengan nyaman bagi kita untuk menonton tampilan berkualitas 4K Ultra HD. Nonton bareng jadi lebih asik dan seru dengan adanya penggabungan monitor ini. 

Namun perlu diperhatikan, bahwa sebelum Anda mencoba trik menggabungkan monitor ini, setidaknya lakukan kalibrasi warna terlebih dahulu. Mengingat akan sangat mengganggu mata apabila setiap monitor yang Anda gunakan memiliki kalibrasi, kecerahan, kontras dan pengaturan warna yang berbeda.


Posting Komentar untuk "Keunggulan Monitor Frameless, Ternyata Bukan Sekedar Good Looking Doang"