Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Bersihkan Layar Monitor LCD LED PC atau Laptop yang Berdebu

Membersihkan layar LCD dan LED

Layar LCD merupakan piranti yang penting setelah mesin pada PC atau Laptop, dimana fungsi utama nya adalah untuk menampilkan seluru hasil pemrosesan dari CPU. Pengguna akan bertatap langsung dengan perangkat keras ini ketika menggunakan PC atau laptop. Namun apa jadinya kalau monitor kita kotor? Apakah cukup aman apabila kita hanya dengan mengelapnya menggunakan tissue? 

Permukaan layar monitor entah itu tipe LCD atau LED memiliki permukaan yang sangat halus dan sangat mudah tergores apabila terkena benda tajam atau kasar. Membersihkan monitor LCD atau LED tidak bisa dilakukan seperti kamu mengelap kaca biasa. 

Saya sendiri selalu berhati-hati ketika menyentuh permukaan layar monitor PC saya ketika ingin membersihkan noda atau debu yang menempel. Karena saya pernah merusak 1 monitor PC akibat kesalahan dalam membersihkan monitor LCD.

Tips Membersihkan Layar Monitor LCD dan LED

Nah, buat Anda yang sekarang ini  monitornya sedang berdebu atau kotor, tenang saja. Untuk mengembalikan kondisinya seperti semula, memang membutuhkan kesabaran, karena monitor merupakan barang yang sangat rentan terhadap benda tajam dan cair. Sehingga tidak bisa menggunakan cara sembarangan untuk membersihkan monitor komputer yang kotor.

Penyebab utama kotornya layar monitor komputer biasanya adalah karena adanya debu yang menempel pada permukaan. Meskipun selalu berada pada pandangan pengguna setiap mengoperasikan PC atau laptop, membersihkan monitor tentu saja tak pernah terbesit dalam pikiran kita.

Berikut ini adalah beberapa tips aman dari saya untuk membersihkan layar montior LCD dan LED pada PC atau Laptop:

1. Gunakan Kain Microfiber

Menggunakan kain biasa atau tisu untuk membersihkan monitor komputer akan sangat membahayakan permukaan layar moniitor kita. Karena permukaan kain biasa dan tissue sebenarnya adalah kasar dan bahkan sangat mudah menggores layar monitor LCD dan LED kita. Anda akan menemukan lecet kecil ketika menggunakan tissue dan kain biasa untuk mengelap layar monitor.

Kain yang tepat untuk mengelap monitor sefcara langsung adalah menggunakan kain microfiber yang halus. Kain microfiber memiliki permukaan yang sangat halus dan lebih ramah terhadap permukaan layar monitor. Kain ini ampuh untuk membersihkan kotoran yang menempel pada layar monitor tanpa meninggalkan goresan lecet pada permukaannya. 

2. Jangan Menggunakan Alkohol dan Amonia

Alkohol dan amonia merupakan senyawa kimia yang sangat tidak ramah dengan permukaan layar monitor komputer. Tipe layar monitor sangat berbeda dengan layar kaca jendela atau cermin yang ada pada rumah kita. Kita bisa menggunakan alkohol untuk memberihkan layar kaca, tapi tidak untuk layar monitor.

Salah satu akibat fatal penyebab penggunaan alkohol ketika membersihkan layar monitor adalah, lapisan anti-reflective pada layar monitor akan ikut tergerus. Lapisan anti-reflective ini sangat berpengaruh terhadap ketajaman layar ketika digunakan. Apabila lapisan ini tergerus, maka hal yang akan terjadi adalah ketajaman layar akan berkurang dan gambar akan terlihat nge-blurr.

Saran saya, gunakanlah cairan pembersih khusus layar monitor yang di semprotkan. 

3. Pola Membersihkan Layar Monitor

Ketika membersihkan layar monitor mengguanakn kain microfiber, pola gerakan tangan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir yang akan kita dapatkan. Saya sendiri sangat menyarankan Anda semua untuk membersihkan layar monitor dengan gerakan satu arah dan horizontal. 

Saya yang biasa menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktivitas, lebih suka untuk menggosok dari kiri ke kanan. Hal ini juga sangat dianjurkan karena tekanan ketika membersihkan satu arah, lebih baik daripada menggunakan pola melingkar. Karena distribusi tekanan lebih merata daripada gerakan melingkar.

4. Perhatikan Tekanan

Tekanan sangat mempengaruhi tingkat kebersihan dan keamanan layar monitor yang kita bersihkan. Apabila tekanan kurang, maka membersihkan kotorana akan jadi semakin sulit, bahkan noda membandel tidak akan bisa hilang dengan mudah.

Sedangkan apabila tekanan yang kita buat terlalu keras, maka yang akan sangat beresiko adalah panel layar monitor kita. Jadi untuk tekanan, sangat dianjurkan untuk mendapatkan feel yang tepat ketika membersihkan monitor PC atau Laptop.

Kesimpulan

Membersihkan layar monitor dengan tipe panel LCD dan LED tida bisa dengan sembarangan teknik. Harus mengetahui beberapa cara agar bisa benar-benar maksimal ketika membersihkannya. Bahkan untuk sebagian orang, mungkin lebih memilih untuk merawat monitor komputer dengan membersihkannya setiap hendak digunakan. Selain bisa bersih terus, kita juga tidak perlu khawatir dengan noda membandel.


Posting Komentar untuk "Cara Aman Bersihkan Layar Monitor LCD LED PC atau Laptop yang Berdebu"